Home » » Teknologi Pengolahan Minyak Dedak Padi (Rice Bran Oil)

Teknologi Pengolahan Minyak Dedak Padi (Rice Bran Oil)

Written By enrico on Rabu, 02 Maret 2011 | 20.33

Dedak padi merupakan salah satu produk samping dari penggilingan padi. Di dalam dedak terdapat minyak dedak padi dengan kandungan nutrisi berupa tocopherol, tocotrienol dan oryzanol. Nutrisi tersebut merupakan antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas pada tubuh, terutama penyakit kanker. Berdasarkan kandungan nutrisinya, minyak dedak padi berpeluang diproses lebih lanjut untuk meningkatkan nilai tambahnya dalam bentuk food suplement, dengan menggunakan metode ekstraksi pengadukan dengan pelarut.

Keunggulan :

* Dapat meningkatkan nilai tambahnya dalam bentuk food suplement

Hasil Penelitian Tahun 2007 :

* Teknologi produksi minyak dedak yang dihasilkan menggunakan metode pengadukan minyak dedak selama 6 jam dengan pelarut heksan, dan dikemas dalam botol kaca gelap menghasilkan mutu fisiko-kimia minyak dedak yang terbaik.
* Minyak dedak padi yang dihasilkan mempunyai karakteristik : rendemen (11,89%), kadar asam lemak bebas (FFA) (15,77%), kadar air (5,67%) dan Vitamin E (5,67 mg/100 gr).
(BB Pascapanen)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

saya tertarik lebih lanjut tentang pengolahan dedak ini pak. Ada no hp yang bisa saya hubungi? WA atau line jg tidak apa-apa. terima kasih.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. enrico73 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger